⁠⁠⁠Fiqih Siroh – Memahami perjalanan hidup Nabi SAW 1

Nasab nabi SAW

    Muhammad bin abdullah bin abdul muttholib bin haysim bin abdi manaf bin qushoy bin kilab bin murroh bin ka’ab bin lu’ay bin ghalib bin malik bin nadhr bin kinanah bin khuzaimah bin mudrikah bin ilyas bin mudhor bin nizar bin ma’ad bin ‘adnan. Inilah nasab yang disepakati oleh seluruh ulama.

    Adapun Nasabnya Rasulullah SAW sampai Nabi Ibrahim As itu diperselisihkan, tidak dapat dijadikan pegangan. Yang jelas bahwa ‘adnan adalah keturunannya nabi Isma’il As. Dan Allah SWT Sungguh telah memilih bagi Rasulullah SAW Kabilah yang paling baik dan perut-perut atau rahim-rahim yang suci, oleh karena itulah Nabi SAW bersabda didalam Shahih Muslim dari Rasulullah SAW,

« إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ وَاصْطَفَى قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَ وَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِى هَاشِمٍ وَاصْطَفَانِى مِنْ بَنِى هَاشِمٍ ».
Sesungguhnya Allah SWT telah memilih kinanah dari anak keturunan Nabi Isma’il dan memilih Quraisy dari keturunan Kinanah, dan memilih bani Hasyim dari keturunan Quraisy dan telah memilihku dari bani Hasyim (HR. Muslim)

InsyaAllah akan berlanjut .. 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "⁠⁠⁠Fiqih Siroh – Memahami perjalanan hidup Nabi SAW 1"

Post a Comment