Apa yang sebaiknya dilakukan dimalam pertama bulan ramadhan ?



1.         Mempersiapkan diri untuk memasuki bulan ramadhan, dengan memperbanyak istighfar  memohon ampun kepada Allah SWT,  karena bagaimana seseorang hendak memasuki bulan yang didalamnya penuh dengan rangkaian ibadah baik yang wajib maupun sunnah jika hatinya masih dipenuhi keinginan untuk berbuat maksiat, beristighfar dengan penuh kekhusyu’an dengan hati penuh penyesalan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat insya Allah, akan jiwa akan lebih bersemangat dan badan akan lebih ringan mengerjakan ibadah.

2.         Dimalam pertama bulan Ramadhan dianjurkan untuk shalat tarawih, baik dilakukan sendiri-sendiri sebagaimana dikerjakan Rasulullah SAW pada kebanyakannya, atau ia melakukannya secara berjamaah sebagaimana yang dikerjakan Amirul Mukminin Umar bin Khattab Ra. Adapun yang lebih baik adalah mengerjakannya secara berjamaah, karena Rasulullah SAW shalat sendiri bukan karena itu lebih baik, akan tetapi beliau takut shalat tarawih berjamaah dijadikan sesuatu yang wajib dan malah akan memberatkan umatnya.

3.         Melakukan shalat sunnah mutlak 4 rakaat dengan membaca surat al-Fath, dalilnya Hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Khatib Asy Syarbiniy dalam kitabnya At Tafsir fil Kitabil Munir dengan sanad yang bersambung kepada Nabi SAW: “Barangsiapa yang sholat (sunnah mutlaq) empat rakaat pada malam pertama di bulan Ramadhan, kemudian dia membaca surat Al Fath, dia (akan) lalui setahun penuh dalam kekayaan. Atau dalam riwayat lain dia lalui setahun penuh dalam kebaikan”. Dan dalam Tafsir Al Imam Qurthubi: “Barangsiapa yang membaca surat Al Fath dalam sholat sunnahnya pada malam pertama di bulan Ramadhan, maka ALLAH SWT mejaga dirinya pada tahun itu”.

            Cara membacanya :
1. Dari ayat 1 sampai ayat 9
2. Dari ayat 10 sampai ayat 15
3. Dari ayat 16 sampai ayat 23
4. Dari ayat 24 sampai ayat 29

4.         Mengerjakan shalat-shalat sunnah dimalam harinya, seperti tahajjud, tasbih, witir dan lain sebagainya, karena Rasulullah SAW bersabda, “barangsiapa yang mengerjakan shalat malam karena iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu”.


5.         berniat untuk melakukan puasa esok hari, atau dalam istilah fiqih dikenal dengan tabyiit (memalamkan niat) artinya berniat dimalam hari. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang sebaiknya dilakukan dimalam pertama bulan ramadhan ?"

Post a Comment